Rumpun Bambu Tumbang Halangi Akses Jalan Alternatif di Lembang

Info Terkini  
Seorang warga tengah melakukan evakuasi pemindahan rumpun bambu yang menghalangi akses jalan di Desa Kayuambon. Dok Istimewa

BANDUNG- Rumpun bambu tumbang menghalangi akses jalan alternatif dari arah Tangkuban Parahu dan Subang menuju Lembang di Desa Kayuambon, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (11/1/2024) dini hari. Akibatnya, kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas dan harus memutar arah.

Petugas kepolisian, warga setempat dan relawan masih melakukan evakuasi agar jalur dapat dilewati kendaraan. Satu unit rumah terancam longsor sebab kondisi tanah yang labil.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Amas Winata mengatakan rumpun bambu yang tumbang diduga karena kondisi tanah yang labil dan akar tidak kuat menahan beban pohon.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kejadiannya subuh alhamdulillah tidak ada warga yang melintas saat kejadian," ucap dia, Kamis (11/1/2024).

Ia mengatakan jalur tersebut merupakan jalur ramai yang sering dilalui oleh masyarakat atau pengendara motor. Petugas melakukan evakuasi dengan memotong bambu yang berukuran besar dengan gergaji.

Amas melanjutkan pihaknya juga meminta warga yang tingga di sekitar lokasi untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab kondisi labil yang berpotensi terjadi longsor.

"Saya sudah mengobrol dengan kades dan aparat desa supaya warga yang tinggal di pinggiran tebing diingatkan agar waspada," kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengungkapkan sebanyak 64 kejadian bencana terjadi di wilayah Jawa Barat awal Januari tahun 2024. Bencana mulai dari bencana longsor, gempa, banjir dan angin kencang.

========================

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Situs berita online yang menginformasikan tentang peristiwa, sosial, politik dan budaya seputar Kota Bandung di masyarakat serta keunikannya. Berit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image